Tuesday, January 02, 2007

Person of The Year

Hidup manusia kembali terpenggal dengan tahun. Sejarah selalu menyimpan sesuatu yang menakjubkan pada laku manusia, begitu kata orang bijak. Lalu, apa yang tersisa dari 2006?

Time, sebagaimana biasanya setiap akhir tahun, selalu membuat ulasan person of the year. Kali ini tokohnya adalah, saya, Anda, dan semua orang. Ya, jaman revolusi teknologi telah menempatkan semua orang menjadi berada di barisan depan dalam hal pengaruh. Terlepas dari kontroversi disekelilingnya, Youtube telah mensahihkan ini. Semua orang menjadi begitu penting, atau paling tidak merasa penting. Dan jangan salah, banyak hal yang dianggap kecil, kemudian menjadi besar dengan portal ini.

Kisah Sidarth yang mengalami diskriminasi rasial oleh senator negara bagian Virginia menjadi terbuka di Youtube. Perbincangan dan diskusi panjang juga turut menyertainya.

Youtube hanyalah salah satu contoh tentang bagaimana masyarakat sekarang bisa mengambil peran yang dulu menjadi monopoli segelintir profesi. Terlepas dari itu, person of the year juga merefleksikan banyak hal, termasuk bagaimana orang-orang "biasa" yang mampu mengesankan banyak orang yang mengaku "luar biasa".

Blake Ross, mungkin bukan nama asing bagi pencinta open sources. Proyeknya Netscape yang kemudian bermetamorfosis menjadi Firefox 2.0 adalah sebagian dari perwujudan idealismenya untuk menantang kepongahan Microsoft. Makanya, ketika membaca berita pemerintah Indonesia melakukan kerjasama (tidak saling menguntungkan) dengan Microsoft baru-baru ini, tidak aneh jika banyak pihak yang mempertanyakannya. Wong ada yang gratis dan lebih mudah, kok pilih yang mahal???

Begitulah, tahun telah berganti. Banyak personal resollution yang telah diikrarkan sebelum tahun berganti. Orang-orang biasa, dengan pilihan untuk tidak berjejal dalam satu dimensi itu, pasti punya resolusi sendiri, yang kadang malah jauh dari kemulukan.

Lalu, apa resolusi pribadi saya kali ini? Tak muluk-muluk, tak juga berharap serupa Chad Hurley dan Steve Chen, punggawa Youtube itu yang kaya mendadak dengan duit $1.65 milyar. Ehm, cukup...

1 comment:

Ellya-The Dreamcatcher said...

resolusi yang menarik. he3. moga2 tercapai ^-^v