Monday, November 20, 2006

Tolol

Malam ini saya terima pesan dari seorang kawan. Pesannya, setelah disensor, "...gile, di bgr semua hrs ditutup gara-gara teroris. *** tolol". Wah, wabah anti-Bush sampai juga ke sini. *** sengaja saya pakai, takut nanti dikenakan UU penghinaan terhadap kepala negara (ehm...).

Kawan saya ini bukan orang Bogor asli, tp udah lama bermukim dan bekerja disana. Setelah tahu bahwa kota tempat ia mencari nafkah dan menikmati hidup menjadi terganggu dengan kedatangan Bush, ia punn merasa terpanggil untuk berkomentar. Ya, emang segitu paling jauh yang bisa ia lakukan.

Saya jadi ingat juga kota itu. Selama beberapa bulan di Jakarta mengikuti training, Bogor menjadi tujuan untuk menikmati akhir pekan, di rumah kawan saya tadi. Dari stasiun, naik angkot 02, turun didepan istana lanjut lagi dengan angkot 06. Terbayang juga kota bogor dengan talas dan bengkuang yang dijajakan petani-petani dipinggir jalan. Tak terbayang kota itu kini, hari ini dan beberapa hari sebelumnya. Suasana perang seperti terasa disana dengan kehadiran tentara bersenjata lengkap dan juga penutupan jalan, yang kian memarahkan kemacetan yang sudah lama melekat dengan kota kecil ini.

Belum lagi sekolah yang diliburkan, pedagang kaki lima yang digusur karena dianggap mengganggu pemandangan dan berkesan jorok, sinyal telpon yang diacak, dan nampak negatif lain, yang tentu saja tak sebanding dengan hasil yang akan dicapai. Itu jika kedatangan tuan besar ini berbuah hasil.

Begitulah, untuk menyambut tuan Bush, ada saja yang mau menjadi tolol, itu menurut teman saya.

1 comment:

pak pos said...

HALAL BIHALAL BLOGGER MAKASSAR
(Peluncuran www.anginmammiri. org tempat kumpulna BLOGGER MAKASSAR)

yang akan diselenggarakan pada:
Hari : Sabtu
Tanggal : 25 Nopember 2005
Waktu : 16.00 wita - selesai
Tempat : Kafe Baca Biblioholic
Jl. Perintis Kemerdekaan Km 9 mo 76 (depan Mercedes Benz)
Tamalanrea - Makassar

info lengkap baca mills yah