Thursday, July 15, 2004

cedera logika

18,12 milyar, gila bo. Apa anggota dprd sulsel itu tidak pada mikir kalo duit segitu luar biasa banyaknya. ada 75 orang anggota dewan, jika dibagi rata dengan jumlah yang mereka korupsi, maka masing-masing mereka memperoleh sekitar 241 juta lebih setahunnya. gilaaaaaaaaaaa

modus mereka sebenarnya lumayan kasar. dalam apbd mereka cantumkanlah pos-pos anggaran, yang sekali lagi, sangat mencederai logika. Ada pos yang menjelaskan tentang biaya sewa gedung (emang anggota dewan tidak punya kantor?), sewa komputer (sejak 1999 lalu, masa dprd tidak punya komputer), rapat anggota yang jika dilihat dari angkanya, ternyata mereka menggunakan asumsi satu tahun ada 1139 hari. belum lagi uang perjalanan dinas, yang total seluruhnya setara dengan 2000 tiket kelas eksekutif garuda (dengan 2000 tiket ini kita bisa buat beberapa travel perjalanan).

mencederai logika, begitulah mungkin yang digambarkan oleh mereka. parahnya lagi, sekarang mereka berkelit bahwa itu untuk peningkatan kinerja mereka. sepertinya mereka lupa, masih banyak rakyat di sulsel yang hidupnya pas-pasan (untuk tidak mengatakannya sengsara).

korupsi di indonesia memang sudah sampai pada tahap kronis, bahkan gila-gilaan. ya, seperti dilakukan anggota dewan (yang katanya terhormat itu) sulsel. menjadi anggota dewan mereka jadikan sebagai ajang untuk memperkaya diri. tak heran jika seorang kawan berkata bahwa kantor anggota dewan sekarang tak ubahnya seperti showroom mobil mewah.

yah, beginilah nasib rakyat kecil. jadi jualan mereka yang pegang kedudukan.