Thursday, August 15, 2013

Kejutan

Dalam beberapa hal, kejutan itu perlu, termasuk dalam hidup. Di Youtube, banyak ditemukan video-video bertopik kejutan, yang norak, romantic, hingga yang paling tidak masuk akal sekalipun. Tema-tema kejutan banyak ditampilkan dalam audisi-audisi pencarian bakat seperti X Factor, [Nama Negara] Got Talent, The Voice dan lain-lain.
Saya bukan full time pengamat Youtube, so mungkin banyak video lain yang serupa dari non-audisi pencarian bakat. Saat jenuh dan bosan dengan artikel dan draft yang sepertinya tak habis-habis, youtube menjadi saluran pencerahan. Iya, saya paham, dalam banyak hal, youtube adalah penggangu paling hebat dalam proses belajar mandiri, seperti yang saya alami saat ini.
Tapi baiklah, saya ingin cerita sedikit tentang salah satu video favorit bertema ‘surprise’ dari X Factor UK tahun 2011. Peserta audisi ini namanya Craig Colton, seorang pekerja di pabrik biskuit dari Liverpool. Ada beberapa hal menarik dari video ini. Dialog-dialog yang tejadi antara Craig dan Jury [selalu senang dengar pronociation ‘judges’ khas British] di awal-awal sungguh segar, lucu dan sangat alami. Intinya, dia ingin memberi kejutan kepada orang tuanya, yang ternyata tak mengetahui bahwa ia akan tampil dalam audisi ini.
Ya, kejutan untuk orang tua dan ingin membuat keduanya bangga. Itu saja, kata Craig. Entahlah, bagaimana akhir dari perjalanan Craig dan orang tuanya. Saya hanya menonton satu video tentangnya dan tak tahu kelanjutannya. Meskipun dari iseng-iseng google tentangnya, ternyata di seorang gay. Tapi, ‘kejutan’ itu yang menarik bagi saya. Sisanya, well, beyond this article, I think.
Tahun, tepat 16 tahun sejak kepergian Bapak. Jujur, saya tak mengenalnya terlalu jauh. Sebagai anak laki-laki satu-satunya, kelar SD saya diminta Bapak sekolah di pesantren. ‘Diminta’ itu bentuk lain dari ‘dipaksa’, sebenarnya. Tapi saya tak menyesal, tak sedikit pun menyesal kini. Namun jika ada yang rasanya perlu saya sesali, tak lain bahwa saya tak begitu dekat dengan bapak.
Selain karena pekerjaan, Bapak juga saat itu seperti punya agenda lain. Agenda agar saya tak melulu di rumah dan jadi manja, dan juga menjadi sangat bergantung pada orang-orang di rumah. Menjadi anak bungsu dan laki-laki satu-satunya, tentu lebih dari cukup menjadi alasan untuk dapat perlakuan-perlakuan istimewa. Oh ya, ini hanya analisa saya pribadi, tak sempat mengkonfirmasinya dengan bapak. Ia keburu dipanggil oleh Allah. Doa dan Alfatihah untuknya.
Nah, kembali ke soal kejutan, rasanya belum pernah sekalipun saya memberi kejutan kepada bapak. Dan ini membuat saya merasa berhutang luar biasa. Tak ada kewajiban memberi kejutan dalam bentuk finansial atau kebanggan duniawi. Bukan itu yang saya maksud, meski kebanggan serupa itu tentu saja baik dan menyenangkan. Tak kurang, saya pun punya keingingan besar untuk berbagi kebahagiaan dengan Bapak-ibu. Mengajak mereka liburan, melihat cucu-cucu mereka, mencukupkan kebutuhan dasar dan tentu saja, merawat mereka dengan baik. Entahlah, tapi saya merasa belum cukup berbakti, jika itu tadi indikatornya.
Malam ini, saya rindu Bapak. Itu saja.

No comments: