Sunday, October 22, 2006

Pindahan

Malam nanti ada undangan untuk ikut takbiran, biar ada kesan Indonesianya, begitu kata sang pengundang yang merupakan koordinator pengajian di sini. Tak seperti di Indonesia, disini praktis tidak ada perbedaan pendapat saat menentukan hari raya. Mungkin karena perbedaan letak geograpis (ah, ga yakin juga) atau memang mereka sudah punya alat yang lebih baik dalam melihat posisi bulan.

Saat lepas jumatan kemarin, seorang kawan dari Turki bertanya, kenapa di Indonesia sering terjadi perbedaan pendapat dalam menentukan hari raya. Bukankah ini tentu saja berdampak tidak baik terhadap umat? Saya cuma menjawab bahwa perbedaan itu kan rahmat, dan tak ada masalah selama itu tidak mengganggu ibadah, syariah. Malah, umat pasti merasa senang, sebab dua kali meraih kemenangan (meski praktisnya cuma sekali kita shalat ied). Libur juga bertambah, kan?

Terlepas dari itu, rasanya memang susah dimengerti kenapa sampai harus ada perbedaan waktu segala. Kenapa tidak pemerintah atau MUI lah yang mengambil kebijakan untuk menentukan. Ormas-ormas islam lainnya harus tunduk dan patuh. Bukankah di MUI sendiri kelompok dan ormas Islam diberi tempat? Di sanalah mereka seharusnya beradu argumen (tanpa harus saling lempar kursi, sebagaimana lazimnya organisasi mahasiswa berlabel Islam dalam berdebat).

Ah sudahlah.. mungkin ini juga sduah menjadi perhatian mereka. Dan semoga ke depan menjadi lebih baik, seperti harapan setiap insan saat menyambut Idul Fitri.

Ngomong-ngomong, saat Lebaran senin besok, ada kuliah dan presentasi. Belum lagi kerjaan dan tumpukan sampah di flat setelah baru pindah beberapa hari lalu. Harapan untuk menjadi lebih baik dan kembali Fitri, tentu saja tidak harus hilang karenanya.

Maap Lahir Batin...

2 comments:

jonquilles said...

Tawwa sdh mi pindahan. Tinggal tunggu nyonya flatnya di'. Semoga segalanya berjalan sesuai rencana.

Selamat idul fitri 1427H.
Taqababbalallahu minna waminkum. Mohon maaf lahir batin.
Semoga berkesan ji lebaran pertamanya di UK.

doeL said...

makasih..Selamat Lebaran juga. Maaf kalo ada yg tidak berkenan. Masih bisa berbagi ilmu an pengalamna, kan?