Thursday, January 20, 2005

Kurban



seberapa berkurbankah kita hari ini?

Pertanyaan seperti ini tentu saja mengajak kita untuk sesekali merenungi hidup dan perjalanan kita mengitarinya. dalam hidup dan kehidupan, seringkali banalitas kita mengalahkan rasa kemanusiaan. padahal dalam agama kita diajarkan untuk membuat hidup berarti bagi diri sendiri, orang lain dan tentu saja nilai kemanusiaan itu sendiri.

berkurban, laiknya meringankan beban dan tentu saja menyucikan kepemilikan kita atas sesuatu yang pada hakikatnya bukanlah milik kita. tapi sejauhmana memanifestasikannya?

Ibadah kurban tidak semata-mata pengorbanan dari orang yang berkurban. Dengan kata lain, ibadah kurban justru memberi keuntungan kepada yang bersangkutan. Secara bahasa kurban diambil dari kata qaraba-yaqrabu-qurbanan (waktu pesantren dulu diajarkan dalam mata pelajaran bahasa arab), yang artinya pendekatan atau mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ibadah kurban, dengan begitu, memberi makna bahwa segala perbuatan yang menyebabkan bertambah dekatnya seseorang dalam perjalanannya menapaki ridho Allah SWT.

Dengan makna seperti itu, maka esensi atau nilai ibadah kurban bukan terletak pada besar kecilnya atau sedikit banyaknya hewan kurban yang disembelih. Tetapi, yang justru terpenting, adalah bagaimana tingkat ketakwaan seseorang ketika melaksanakan ibadah kurban. Allah SWT berfirman: ''Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai keridhoan Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.'' (Al-Hajj: 37).

beberapa waktu MUI mengeluarkan fatwa bahwa mengalihkan kewajiban kurban untuk korban bencana Aceh tidak dibenarkan. Sebagai pribadi saya tidak setuju, meski saya harus paham bahwa argumentasi saya tidaklah dilandasi dengan pengetahuan teoritis yang memadai. tapi sungguh, apa iya menafsirkan haruslah tanpa melihat konteks yang ada?

***

Di hari raya kurban yang esok insyaallah akan kita rayakan (meski hari ini katanya ada yang sudah merayakan duluan), mudah-mudahan saya diberikan kesadaran untuk berkurban demi saudara-saudara, dan bukan malah mengorbankan saudara.

Selamat Idul Adha 1425 H

No comments: