Monday, August 09, 2004

neraka

anda percaya neraka itu ada? baguslah kalau begitu. begini, menurut penelitian Federal Bank of St Louis di Amerika sana, untuk negara yang masyarakatnya kebanyakan percaya bahwa neraka itu ada mengindikasikan tingkat kemakmuran yang lebih tinggi dibanding negara yang masyarakatnya tidak percaya bahwa neraka itu ada.

mereka bukannya menafikan tingkat investasi sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi, tapi yang jelas, pemilikan mindset tentang ada tidaknya neraka berhubungan positif dengan tingkat ekonomi. salah satunya adalah bahwa tingkat korupsi pun semakin sedikit. sebab jangan lupa, bahwa korupsilah yang selama ini merusak sendi perekonomian , khususnya lagi bagi negara berkembang.

boleh percaya atau tidak, tapi bagaimana kalau moraln dari penelitian itu saja yang kita lihat. perubahan mindset terhadap neraka. memperhatikan pelaku korupsi di Indonesia yang rata-rata alim dan taat beragama, jika kita menggunakan ukuran normatif dalam relasi sosial masyarakat. belum lagi kalau sekedar ukuran haji, diantara mereka bahkan ada yang telah menunaikan ibadah ini beberpa kali.

kembali ke moral tadi, sudah saatnya kita letakkan konteks ini dalam sebuah mindset tentang neraka yang lain. neraka bagi mereka yang memiliki hak dari sesuatu dan dikorupsi oleh para penjahat. dengan korupsi itu, neraka kemiskinan, kebodohan dan ketidakadilan menyapa mereka.

No comments: