Thursday, September 17, 2009

Permen Sebagai Alat Bayar

Semalam bersama istri saya berbelanja di Ramayana. Bukan, bukan karena ingin mengejar late night shopping-nya yang menawarkan diskon murah yang mencederai logika itu. Niatan kami sederhana, membeli barang-barang kebutuhan pokok yang makin menipis cadangannya di rumah. Melihat-liat barang murah, itu adalah bonus.

Nah, ketika di kasir saya sebenarnya sudah punya prasangka buruk. Plastik besar pembungkus permen terebar di lantai dekat meja kasir. Ini pertanda bakal ada 'diskusi panjang' lagi..

Ketika tiba giliran saya membayar, saya kemudian menyerahkan sejumlah uang. Di layar monitor tertera sejumlah nilai yang menjadi kembalian saya. Ada nominal kecil sejumlah 300an rupiah. Sang kasir kemudian mengembalikan duit saya, plus dua biji permen. Saya tanya, "kok permen, mbak". Sang mbak cuma menjawab bahwa ia tidak punya duit kecil.

Berkeliling sejenak, istri saya menemukan barang yang ia cari dan pas dengan kantong. Saya dimintanya untuk antri di kasir dan membayar. Kejadian yang sama berulang. Pengembalian duit saya masih dibarengi dengan permen. Saya kemudian bertanya, bisakah saya membayar dengan permen? Sang mbak kasir diam seribu bahasa. "Kalau tidak bisa membayar dengan permen, jangan mengembalikan dengan permen".

Satu orang dengan nominal 200-300 rupiah memang tak seberapa. Tapi coba bayangkan jika semua orang yang berbelanja di ramayana diperlakukan hal yang sama. Taruhlah ada 3000 orang yang berbelanja, dan setengah dari jumlah itu mendapatkan kembalian permen. Berapa banyak yang bisa didapatkan Ramayana dari unwanted transaction ini? Unwanted (Tidak diinginkan) karena pembeli tetap mendapatkan permen sebagai ganti duit receh yang tak dimiliki oleh Ramayana.

Moral ceritanya, jika ingin berbelanja di Ramayana, maka siapkan permen sebanyak-banyaknya. Kali aja di sana permen sudah jadi alat transaksi resmi.

No comments: