Monday, July 23, 2012

Ramadhan 2012


Alhamdulillah, akhirnya bertemu Ramdahan lagi. Selayaknya resolusi hidup itu dimulai di ramadhan. Memperbaiki diri dan hidup. Banyak manfaat dan berkah di bulan ini. Meski jauh dari rumah dan keluarga, tapi pengalaman puasa ini tetap berkesan,
Yang selalu dinanti orang berpuasa biasanya saat berbuka. Katakanlah ini anak tangga paling rendah dari tingkat keimanan. Tapi bukankah Rasulullah sendiri berkata demikian?
Nah, soal berbuka ini, karena dirumah semua kawan tak berpuasa, maka saya memilih berbuka di kampus. Dari kawan, saya dengar bahwa mesjid kampus menyediakan takjil untuk mahasiswa.


Setengah jam sebelum waktu berbuka, saya sudah berada di mesjid. Ini kali pertama, dan tepat di ramadhan hari pertama. Jejeran takjil sudah tersedia. Beberapa pengurus islamic society dari guild sedang sibuk menyiapkan takjil. Sederhana memang. Ada kurma, biskuit dan susu yang dicampur sari buah. Semua dikerjakan bersama. Saya hanya membantu menyiapkan tikar dan tidak ingin terlibat terlalu jauh. Toh, sudah banyak pemuda disana.
Saat adzan dikumandangkan, kami semua berbuka. Duduk mengitari piring berisi takjil tadi, sekitar 4-5 orang per piring. Makan bersama jadi pengobat rindu akan puasa di kampung sendiri. Setelah Maghrib, kami pun kembali ke tempat semual. kali ini, yang disediakan nasi sebakul besar beserta ayam kari. Satu baki dimakan 4-5 orang lagi. Jangan bicara hyginietasnya, ini makan bersama dan sesuai sunnah nabi, begitu saya dengar dari seorang jamaah disamping. Menariknya, selain mahasiswa, banyak juga kaum muslimina lain yang hadir. Ada sopir taksi, teknisi perusahaan listrik, hingga para manula. Kebanyakan mereka bersala dari Pakistan, Afghanistan, Libya dan negara timur tengah. Tak heran, model berbuka yang dipakai adalah khas dari tumur tengah.
Alhamdulillah, Ramdahan karim.. semoga berkah puasa menyertai kita semua.

3 comments:

Anonymous said...

as salam..
nama saya zul..
saya dari malaysia..
saya ingin ke perth minggu hadapan..sudilah kiranya saudara membantu sedikit sebanyak sebanyak perjalanan saya ini..semoga mendapat perhatian dari saudara..semoga kita dapat berhubungan dalam masa terdekat ini.email saya: zm_amran@yahoo.com
twitter:@nanimluz
wassalam..

lalakicap said...

as salam..
nama saya zul..
saya dari malaysia..
saya ingin ke perth minggu hadapan..sudilah kiranya saudara membantu sedikit sebanyak sebanyak perjalanan saya ini..semoga mendapat perhatian dari saudara..semoga kita dapat berhubungan dalam masa terdekat ini.email saya: zm_amran@yahoo.com

Abdullah Sanusi said...

Salam,

@ lalakicap: Apa yg saya bisa bantu?