Saturday, January 29, 2005

pagi yang indah

jam 10 malam. bunyi sms (kata kawan saya, nada sms milikku luarbiasa, langsung dari Finlandia--tempat asal NOKIA) membunyarkan konsentrasi. kubaca dan isinya cukup mengangetkan. pengirimnya kakakku dan aku diminta segera menelpon ke rumah, tepatnya rumah ibuku. untung masih ada pulsa di fleksi, segera kutelpon dan berharap tidak ada kabar yang perlu dikhawatirkan.

kebetulan ibuku yang menganggkat telpon, setelah salam dan menanyakan kabar, langsung kutanyakan kenapa aku dimintanya menelpon. ternyata ia bermaksud menengok pamanku yang baru tiba dari haji dan ia tak tahu deatil menuju kesana. ia memintaku mengantarnya sambil bertanya apakah itu tidak mengganggu kegiatanku yang lain?? segera kuiyakan dan meyakinkannya bahwa tidak ada yang terganggu jika itu untuknya (maaf, ini bukan gombal).

inilah pagi yang akan menjadi pagi yang indah, begitu pikirku. betapa tidak, sejak aku ngekos semester satu hingga ngontrak rumah saat kerja, tak pernah sekalipun ibuku mampir. meski kuyakin ketidakmampirannya bukanlah karena ia tak ingin, tapi lebih karena ia tidak punya cukup pengetahuan untuk sampai ke tempatku. nah, saat ini aku mendapatkan kesempatan itu. rencananya, dari rumah paman ia akan kugiring (dengan paksa sekalipun) untuk sekedar menjenguk tempat berteduhku selama ini. satu lagi, agar ia tak perlu cemas akan hdiup meski tak berada disisinya.

singkat cerita, ia pun datang ke rumah (tepatnya rumah teman tempat aku menumpang). tak terlalu banyak komentar. ia cuma kaget ketika di ruang tamu dlihatnya ember tempat aku menampung air yang menetes karena genteng yang bocor. aku bersikap sepeerti pejabat daerah yang sedang dikunjungi atasannya, menjelaskan kenapa hal itu terjadi serta letak dan fungsi masing-masing item dalam rumah serta hal remeh temeh lainnya.

tak lama ia di rumah, ia katakan harus bergegas karena akan segera keluar daerah. padahal aku ada niatan untuk sekedar menghidangkan secangkir teh. tapi tak apalah, walau sebentar, menurutku itu sudah cukup berharga.

sebuah pagi yang indah....

No comments: